Iklan

Tips Cara Merawat dan Mengembalikkan Rambut Rusak

Advertisements

Biztellers.com – Halo teman, kabar gembira untuk kita semua. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang 6 tips cara mengembalikan rambut rusak beserta cara memperbaikinya.

Rambut adalah anggota tubuh yang paling sering dilihat dan dinilai. Bahkan pengandaiannya diibaratkan mahkota, meski ada pepatah don’t judge book by its cover, manusia memang memiliki mata sebagai indra yang paling awal menilai sesuatu. Sehingga mau tidak mau, penampilan harus dijaga juga meskipun penampilan bukan satu satunya aspek untuk menilai seseorang.

Tips Cara Merawat dan Mengembalikkan Rambut Rusak

Meski begitu, masih banyak orang yang tidak bisa menjaga dan merawat rambut sehingga rusak dan perlu adanya perawatan dan perbaikan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara merawat dan mengembalikan rambut rusak.

Pertama, Hentikan Kebiasaan Buruk


Sebelum kita masuk ke cara perawatan, kita harus terlebih dahulu untuk menghentikan kebiasaan lama kita yang membuat rambut kita rusak. Seperti tidak mengecat rambut terlalu sering, baiknya yaitu kisaran 10 minggu atau dua bulan lebih sedikit. Begitu juga dengan menggunakan hairdryer terlalu panas, menggunakan shampo terlalu sering, mengikat rambut terlalu keras atau kencang, menyisir rambut dengan sisir bergigi sempit atau bahkan dengan sikat dan menggunakan pembentuk rambut entah itu membuatnya menjadi lurus atau keriting.

Baca:   Review Aplikasi Kesehatan Masa Kini SehatQ.com

Penggunaan shampo yang baik adalah kisaran dua hari sekali, karena kalau kita menggunakan shampo terlalu sering akan menyebabkan sebum atau minyak alami pada rambut menjadi hilang dan menyebabkan rambut kering rusak. Mengikat rambut terlalu kencang juga membuat batang rambut menjadi rentan dan rapuh. Begitu juga dengan sisir yang terlalu rapat, akan menyebabkan banyak rambut rontok dan patah akibat dipaksakan saat merapihkan rambut, aturannya adalah menggunakan sisir yang bergigi lebar terlebih dahulu, lalu baru gunakan yang biasa dipakai untuk merapihkan rambut. Karena dengan itu, rambut tidak akan dipaksakan langsung rapih dan akan terjaga dari kerontokan.

Baca:   ProCapita, Executive Search Indonesia Tepercaya

Kedua, Perawatan Rambut

Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan. Pertama, cara mengembalikan rambut rusak adalah mulai dengan menggunakan shampo yang sesuai. Shampo yang tidak sesuai atau tidak cocok hanya akan menyebabkan banyak masalah. Seperti pengalaman pribadi penulis, shampo yang tidak cocok langsung berimbas pada ketombe, rambut rontok, gatal, kering bercabang dan bahkan kutuan. Makanya kalau anda laki laki, jangan gunakan shampo hijab ya.

Lalu mulai gunakan moisturizer atau pelembab. Gunakan setelah keramas atau ikuti saja aturan pakai yang ada pada merek yang anda pakai. Karena penting sekali terutama untuk orang orang yang sering beraktifitas di luar ruangan karena akan sangat membuat kelenjar penghasil minyak bekerja keras untuk memproduksinya. Maka tidak heran kalau rambut orang yang sering terbakar sinar matahari akan merah dan terlihat berminyak.

Lanjut setelah itu bisa juga dengan mulai menggunakan masker rambut. Bahan yang digunakan pun beraneka ragam, seperti susu atau yogurt, jus alpukat atau jus pisang, yang disesuaikan dengan kebutuhan kerusakan rambutnya. Alternatifnya juga bisa dengan menggunakan minyak zaitun, minyak argan, minyak kelapa yang akan sangat menutrisi rambut sehingga kesuburannya mampu kembali. Kegiatan tersebut bisa diulangi antara satu sampai dua kali perminggu untuk hasil maksimal.

Baca:   Dokumen Yang Harus Dipersiapkan Dalam Pembuatan NPWP

Ketiga, Rawat Rambut dari Dalam

Banyak dari kita lupa bahwasannya semua yang terjadi pada tubuh kita disebabkan juga oleh kondisi tubuh dari dalam. Maka dari itu mulailah disiplin mengkonsumsi vitamin, perbanyak minum air putih dan beri nutrisi yang cukup serta hindari stres berlebih.

Demikian pembahasan tentang cara merawat rambut rusak. Semoga bisa membantu pembaca sekalian. Jangan ragu ragu untuk mengeluarkan uang demi merawat diri kalian sendiri karena pada hakikatnya kesehatan tubuh pun akan menjadi investasi jangka panjang untuk kita sendiri di masa yang akan datang. Salam sehat!

No Comments Found

Leave a Reply