Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape dan Plagiarisme Checker

Advertisements

Bagi blogger, mengecek keaslian artikel yang ditulis merupakan suatu kewajiban, hal ini dilakukan guna menghindari terdeteksi plagiat oleh google.

Saat ini blogger bukanlah hal yang asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Selain karena hobi menulis, banyak orang ingin menjadi blogger untuk menambah penghasilan.

Banyak blogger pemula, yang terkesan asal dalam mencoba dunia blogger dan tidak mempelajari aturan yang dibuat oleh google, salah satu penyedia iklan bagi blogger. Sehingga berakhir dengan copy artikel blog orang lain dan memposting di blog miliknya.

Saat ini syarat utama agar artikel dapat diterima oleh mesin pencari google adalah tidak ada unsur plagiat dalam artikel kita.

Cek Keaslian Artikel

Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape dan Plagiarisme Checker
Cek Keaslian Artikel

Dengan menggunakan copyscape, kita bisa mengetahui bahwa artikel kita telah diplagiat orang lain.. Copyscape ini cara kerjanya mencari suatu kata yang sama persis dengan artikel sobat.

Baca:   Cara Menonaktifkan Iklan di Komentar Disqus

Copyscape adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengecek artikel tersebut adalah plagiat atau tidak.

Jika kalian baru memulai belajar dalam dunia blogger, alangkah baiknya kalian membaca mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan oleh seorang blogger.

Cara Cek Keaslian Artikel dengan Copyscape

  1. Pertama kita buka terlebih dahulu situs copyscape.com.
  2. Kemudian di kolom pencarian, taruh link/url artikel blog Anda yang ingin di cek artikelnya.
  3. Jika sudah, lalu tekan Enter atau klik Go.
  4. Jika yang terlihat hasilnya adalah No Result, maka bisa dipastikab bahwa konten atau artikel kita tidak diplagiat oleh orang lain..

Cara Cek Keaslian Artikel dengan Plagiarism Checker

  1. Untuk mengetahui apakah artikel yang kita tulis sama persis dengan orang lain dan terdeteksi plagiat atau tidak kita dapat menggunakan tool Plagiarism Checker.
  2. Lalu copy semua artikel yang telah kita tulis sebelumnya dan paste-kan di kolom artikel yang sudah disediakan, maksimal 1000 kata. Jika artikel lebih dari 1000 kata, Anda bisa membaginya dalam beberapa sesi.
  3. Setelah artikel di paste, selanjutnya klik tombol Check Plagiarism.
  4. Kemudian tunggu hingga proses pengecekan artikel selesai, dan Anda bisa melihat hasilnya.
  5. Edit kata apabila terdapat kalimat yang terdeteksi plagiat
Baca:   Hosting Murah Gratis SSL Hanya di Domosquare

Jika ada kata dalam artikel yang menyerupai atau sama dengan artikel orang lain, maka akan ditandai dengan warna merah sebagai tanda bahwa kalimat tersebut sama dengan dengan orang lain.

Kita bisa meng-klik yang ditandai warna merah untuk melihat kalimat yang sama dengan orang lain di mesin penelusur Google.

Jika artikel yang kita tulis tidak ada plagiat, maka semua kalimat akan berwarna hijau dan terdapat tulisan 100% Unique yang artinya semua kalimat di dalam artikel adalah unik dan tidak sama dengan artikel orang lain di internet.

Baca:   Cara Submit Artikel Blog ke Google Webmaster

Perbedaan Copyscape dengan Plagiarism Checker

Meskipun kedua tool tersebut sama-sama digunakan untuk mengecek keaslian konten, namun kedua tool tersebut berbeda.

Copyscape lebih sering digunakan untuk artikel yang telah selesai di posting atau dipublikasikan dan mengecek apakah ada yang plagiat artikel kita. Copyscape melakukan pengecekan melalui link artikel.

Sedangkan Plagiarism Checker adalah tool yang digunakan untuk pengecekan kata atau kalimat sebelum artikel di publikasikan untuk mendeteksi tingkat plagiat dalam artikel kita..

Sangat disarankan bagi blogger pemula untuk terus belajar dan memahami apa yang diinginkan google agar blog kita tetap eksis di mesin penelusur Google.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *