Cara Melihat Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

Tags

Biztellers.com - Awal bulan tahun baru seluruh dunia dihebohkan dengan munculnya virus Corona jenis baru yang dinamai 2019-nCoV. Virus tersebut hingga saat ini telah menewaskan sebanyak 42 orang dan telah menginfeksi 1438 orang saat data terakhir diperbarui oleh otoritas kesehatan China pada sabtu (25/1).

Virus Corona adalah sebuah virus penyakit saluran pernapasan yang menyebabkan orang mengalami flu dari mulai tahap flu biasa hingga yang lebih parah seperti SARS dan MERS. Menurut informasi dari cdc.gov, virus Corona biasa dijumpai pada hewan seperti Unta dan Kelelawar.

Cara Melihat Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

Namun, seiring berkembangnya zaman, virus yang telah meginfeksi hewan dapat berevolusi dan bisa menular ke manusia hingga menjadi virus Corona jenis baru. Virus Corona jenis baru (Novel Coronavirus, (2019-nCoV)) tersebut sudah muncul dan pertama kali tersebar di Wuhan, Hubei, China.

Cara Melihat Penyebaran Virus Corona Secara Real Time


Virus Corona jenis baru hingga saat ini telah tersebar hingga ke beberapa negara termasuk di Asia Tenggara. Dalam upaya membantu publik untuk memonitoring virus Corona secara langsung, Center for Systems Science and Engineering (CSSE) membuat sebuah situs peta online yang dapat diakses menggunakan perangkat yang terkoneksi dengan internet.

Pada peta online yang di bangun CSSE, kita dapat melihat penyebaran virus Corona di seluruh dunia secara real time. Terdapat 2 (dua) tanda yakni warna merah dan warna kuning, lokasi yang ditandai dengan warna kuning adalah lokasi yang belum terkonfirmasi, dan yang ditandai warna merah yakni lokasi yang sudah positif terinfeksi virus Corona.

Cara Melihat Penyebaran Virus Corona Secara Real Time

Menurut Lauren Garner dari CSSE, Data yang diambil situs peta online dari berbagai sumber, yakni WHO, NHC, CDC China, CDC Amerika Serikat, dan Dingxian. Kita dapat melihat penyebaran virus Corona secara langsung dengan mengunjungi link berikut gisanddata.maps.arcgis.com.

Pada bagian "Total Confirmed" adalah total keseluruhan yang posifit terinfeksi virus Corona, "Confirmed Cases by Country/Region" adalah kasus yang telah dikonfirmasi berdasarkan negara, "Total Deaths" adalah jumlah keseluruhan orang yang meninggal, "Total confirmed cases" adalah statistik dari total kasus yang telah dikonfirmasi.

Gejala dan Pencegahan Virus Corona


Kita patut waspada dengan virus Corona yang sudah tersebar di beberapa negara, dari berbagai laporan orang yang terjangkit virus Corona memiliki gejala batu, pilek, demam yang tidak kunjung sembuh, sakit tenggorokan hingga gangguan pernapasan, letih, dan lesu.

Meskipun belum ada vaksin untuk virus Corona, Anda dapat mencegahnya dengan beberapa hal seperti berikut:

  1. Selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun
  2. Gunakan masker saat keluar rumah dan ketika batu atau pilek
  3. Upayakan gizi seimbang dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  4. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
  5. Hindari konsumsi daging yang tidak di masak terlebih dahulu
  6. Jika mengalami sakit seperti berikut: batuk, pilek, sesak nafas, segara ke dokter
  7. Selalu berhati-hati ketika melakukan kontak dengan hewan

Untuk mengenal lebih jauh tentang pemetaan Coronavirus, Anda bisa mengunjungi situs berikut systems.jhu.edu. Itulah tadi artikel tentang bagaimana cara memantau jumlah kematian terbaru dari virus Corona dan jumlah keseluruhan orang yang terinfeksi secara real time dengan peta online CSSE.

Rekomendasi