Kata Mutiara Hari ini

Naskah Doa dan Pidato Peringatan Hari Guru 25 November 2019

Tags

Halo pembaca setia biztellers, kali ini biztellers akan berbagi naskah doa dan pidato untuk memperingati hari guru nasional. Pemerintah Republik Indonesia pertama kali menetapkan Hari Guru Nasional melalui keputusan Presiden no 78 thn 1994. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari guru adalah dengan menyelenggarakan upacara bendera setiap tanggal 25 November.

Sudah sepatutnya kita merayakan hari guru karena guru adalah pahlawan sejati untuk semua orang. Di sekolah maupun di luar sekolah seorang guru harus selalu dihormati, karena gurulah yang mendidikan kita dari belum tahu menjadi tahu. Guru adalah orang tua kedua kita saat kita berada di sekolah.

Logo - Naskah Doa dan Pidato Peringatan Hari Guru 25 November 2019

Selain ilmu pendidikan, Guru juga yang mengajari kita kedisiplinan, sopan santun, dan akhlak mulia lainnya, maka dari itu kita harus bersyukur karena guru telah mengajari kita semua itu, dan kita harus selalu menghormati guru di manapun kita berada.

Di tahun 2019 ini Hari Guru Nasional bertepatan pada hari Senin, dan menjadi Hari Guru yang ke-74 yang bertemakan "Guru Penggerak Indonesia Maju." Semua sekolah di Indonesia akan merayakan Hari Guru dengan menyelenggarakan upacara bendera di hari senin mendatang (Baca juga: Kata kata bijak untuk Hari Guru).

biztellers sudah menyiapkan Naskah Doa Upacara Bendera beserta teks pidato peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 yang dikutip dari kemendikbud.go.id.

DOA UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil'aalamin, washalatu wassalamu 'alaa sayyidil mursaliin, wa'alaa aalihi washohbihi ajma'in

Ya Allah, ya Tuhan kami
Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti "Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2019", untuk itu ya Allah berkati dan redhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan secara komprehensif, momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional kami, momentum untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul menuju persaingan abad 21.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim
Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati, menjadi hamba-Mu yang selalu menyemai ilmu pengetahuan dan teknologi, mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menjadi panutan dan inspirasi bagi anak-anak bangsa ini, sehingga bangsa ini memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan yang paripurna serta berbudi pekerti yang luhur. Ya Rob muliakan guru kami dengan karya-karya mereka yang bermakna bagi anak bangsa ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Pengasih
Limpahkanlah rahmat dan hidayah-Mu, curahkanlah ilmu dan hikmah-Mu kepada kami, agar kami mampu menjadi hamba-hamba-Mu yang selalu belajar dalam kehidupan ini, lulus dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dari-Mu, serta ikhlas dalam berkarya dan mengabdi kepada-Mu.

Ya Allah, ya Tuhan Yang Maha Pengampun
Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memahon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan guru-guru kami, dan tetapkanlah hati kami untuk selalu berada di atas jalan-Mu yang benar.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar
Kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa 'azdaabannaar.
Washallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iin Walhamdulillahi rabbil'aalamiin

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PADA UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Rahayu,
Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,


Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik.Mohon
maaf,tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda.Saya ingin berbicara apa
adanya,dengan hati yang tulus,kepada semua guru di Indonesia,dari Sabang
sampai Merauke.

Guru Indonesia yang Tercinta,tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang
tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa,tetapi lebih sering diberi
aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas,tetapi
waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang
jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian,tetapi
terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya,
tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustrasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan
berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak,bukan kemampuan
menghafal.

Bagi Anda yang ingin download langsung file naskah doa dan pidato untuk peringatan Hari Guru Nasional 2019 bisa download di link di bawah ini.

Rekomendasi