Kata Mutiara Hari ini

7 Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Secara Online

Halo pembaca setia Biztellers, kali ini saya akan berbagi tips sebelum membeli laptop bekas secara online. Di zaman yang serba modern ini siapa yang tidak mengenal laptop, laptop adalah sebuah perangkat teknologi canggih yang sekarang ini telah banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Harga laptop memang beraneka ragam, meskipun begitu tidak jarang orang yang ingin membeli laptop dengan harga yang bermasyarakat dan tetap berkualitas, maka dari itu banyak yang mengincar laptop-laptop bekas untuk digunakan sendiri maupun dijual kembali (pedagang laptop).

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Secara Online

Biasanya jual beli online dilakukan secara online menggunakan media sosial atau situs jual beli online terkenal saat ini, karena melalui internet, maka sangat disarankan untuk mengetahui tips aman sebelum membeli laptop secara online agar tidak tertipu dan tentunya mendapatkan laptop dengan kualitas bagus.

Di zaman ini apapun bisa dilakukan melalui internet tanpa terkecuali penipuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, maka dari itu Anda harus tetap berhati-hati agar Anda tidak mengalami kerugian yang diakibatkan oleh pedagang nakal karena Anda tidak dapat melihat produk yang dijual secara langsung.

7 Tips Membeli Laptop Second Secara Online


Meskipun bekas, Anda masih tetap bisa mendapatkan laptop dengan kualitas bagus yang masih masuk dalam kategori recommended untuk dibeli. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui beberapa trik memilih atau mengecek laptop yang dalam kategori bagus yang sesuai dalam standar pengecekan.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri beserta karakteristik latop yang masih dalam keadaan normal, ketentuan dan spesifikasi yang sebelumnya ditawarkan oleh penjual harus Anda lihat.

1. Cek Harga Pasar Saat Ini

Sebelum  membeli laptop bekas, sebagai pembeli yang bijak alangkah baiknya Anda harus tahu harga pasar saat ini untuk jenis laptop yang ingin Anda beli, hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan produk sesuai dengan harga pasarannya.  Memang pada umumnya harga laptop bekas mempunyai harga yang lebih rendah sekitar 20% hingga 50% tergantung dari kondisi laptop beserta lamanya pemakaian.

Jika Anda mendapati harga produk yang ingin Anda beli terlalu mahal, Anda bisa memikirkan hal apa yang membuat laptop itu masih mahal dan Anda bisa mengajukan penawaran. Jika Anda mendapati laptop dengan harga yang murah, Anda bisa memikirkan mengapa harganya murah dan bisa tanya-tanya terlebih dahulu kepada penjual tentang minus laptop tersebut. (baca juga: Cara Mengatasi Printer Error)

2. Jangan Mudah Percaya

Sebagai pembeli pintar jangan mudah percaya pada orang atau penjual yang baru Anda kenal, apalagi jika baru kenal melalui internet. Biasanya orang yang orang mencari keuntungan dan tidak jarang ada penjual yang sering menutupi kecacatan barang yang dijualnya.

Penjual bisa mengatak barang tersebut masih sangat bagus, akan tetapi semua itu belum tentu kebenarannya, maka dari itu Anda harus waswas dalam membeli barang, dan sebaiknya Anda harus memastikan sendiri barang tersebut apakah masih bagus atau ada kecacatan.

3. Pilihlah Penjual yang Terpercaya

Sebelum Anda mementukan sebuah pilihan pada laptop yang ingin Anda beli, yang paling diutamakan adalah pada penjualnya. Apakah penjual tersebut adalah penjual yang terpercaya dan mempunyai track record bagus, apakah ada history testimoni penjualannya.

Setelah Anda menemukan penjual yang cocok dan Anda sudah menemukan laptop yang ingin Anda beli, jangan lupa untuk menanyakan ketersediaan barang sebelum Anda membeli laptop secara online, dan lihat apakah penjual tersebut membalas pertanyaan Anda secara responsif atau tidak.

4. Cek Barang Langsung

Meskipun Anda membeli laptop secara online, Anda wajib memperhatikan laptop yang akan Anda beli dengan teliti. Untuk itu Anda juga perlalu memastikan barangnya langsung dengan bertemu dengan si penjual, istiliah ini biasa disebut dengan PCB (Pantau Cocok Bayar).

Setelah bertemu dengan si penjual, Anda bisa mengecek barang terlebih dahulu, mulai dari software hingga hardwarenya. Untuk bagian software, Anda bisa melihat-lihat aplikasi apa saja yang sudah terinstall di laptop, dan cek juga kesehatan pada sistem operasinya.

Untuk bagian hardware Anda bisa mengecek kondisi tombol laptop bisa berfungsi semua atau ada yang tidak berfungsi, kemudian layar laptop, DVD Room, port dan HDD dengan menggunakan software Hard Disk Sentinel. Usahakan minta masa garansi untuk digunakan pengecekan lebih lanjut di rumah.

5. Garansi dan Lama Penggunannya

Meskipun barang bekas, tetapi tidak jarang orang menjualnya dan masih terdapat masa garansi. Pastinya Anda sangat senang ketika mendapatkan laptop bekas yang masih berlaku masa garansi. Namun, biasanya barang yang masih berlaku masa garansi harganya tidak jauh berbeda dengan harga barunya.

Jika menemukan hal seperti ini sebaiknya sebelum membeli laptop, Anda wajib menanyakan tentang garansinya masih berapa lama dan lama penggunaan laptop untuk kebutuhan sehari-hari. Jika Anda ingin membeli laptop dengan masa garansi yang masih berlaku, maka pilihlah dengan waktu pemakaian yang masih singkat sekitar 2 bulan hingga 4 bulanan.

Selain itu jangan lupa menanyakan pemakaian sebelumnya, apakah cara pemakain wajar atau digunakan untuk kebutuhan berat seperti untuk gaming dan multimedia yang tentunya menguras kinerja dari peforma hardware. Di sini Anda bisa memprediksi apakah laptop tersebut bisa dikatakan masih cocok untuk Anda beli atau tidak.

6. Utamakan COD (Cash on delivery)

Jika Anda membeli laptop melalui grup jual beli online di daerah Anda, Anda bisa melakukan metode COD ini untuk memudahkan pembayaran, COD bisa sekalian dengan PCB yang bisa dilakukan di rumah si penjual. Jika si penjual menginginkan COD, maka pilihlah tempat yang aman dan di tempat yang ramai.

Bagi Anda yang melakukan pembelian di situs jual beli online atau orang yang berada di lokasi yang jauh, Anda bisa menggunakan metode pembayaran melalui transfer bank atau rekber (rekening bersama). Kemudian berikan catatan yang mendetail tentang packing ekstra agar paketan yang dikirim menjadi lebih aman saat ekspidisi.

7. Lakukan Pengecekan Kembali

Dengan menggunakan metode COD atau Cash on Delivery, Anda dapat melakukan pengecekan laptop secara langsung yang ditemani penjual. Beberapa hal yang perlu Anda cek kembali adalah kondisi hardwarenya seperti layar, keyboard, port, dan lain-lain. Pastikan semua bagian berfungsi semua sebagaimana mestinya.

Jika terdapat bagian yang tidak cocok seperti yang terlampir pada deskripsi awal penjualan, maka Anda bisa menanyakannya kepada si penjual. Jika produk tersebut mempunyai kecacatan fisik yang tidak sesuai dengan deskripsi yang terlampir, Anda bisa meminta negosiasi dengan penjual karena tidak sesuai dengan deskripsi (jika Anda masih minat untuk membelinya).

Itulah tadi tentang cara mendapatkan laptop bekas terbaik dan berkualitas. Dengan mengikuti cara-cara di atas membuat Anda bisa mendapatkan laptop yang mempunyai ketahanan, spesifikasi yang bagus, dan tentunya terhindar dari virus, dan yang terpenting bisa membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti menyelesaikan tugas sekolah, kuliah, maupun pekerjaan kantor.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan laptop bagus dan berkualitas dengan harga yang murah tanpa harus membeli yang baru. Setiap akan melakukan pembelian barang bekas atau second, jangan lupa untuk menerapkan beberapa hal penting di atas secara detail, khusunya saat melakukan pembelian secara online.

Situs jual beli online yang terkenal dan menyediakan barang bagus adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan masih banyak lagi. Untuk grup jual beli laptop di Facebook bisa Anda sesuaikan dengan daerah tempat tinggal Anda, dan jangan lupa tetap hati-hati dalam melakukan transaksi.

Rekomendasi