Kata Mutiara Hari ini

7 Tips Agar Akun Adsense Aman Tidak di Banned Google

Halo teman-teman pembaca setia Biztellers, pada artikel kali ini saya akan berbagi 7 tips agar akun Google Adsense aman dan tidak Terkena Banned. Kita tahu sekarang ini sudah banyak sekali pemain imers, dan bidang yang menjadi favorit oleh kebanyakan pemain imers salah satunya ialah menjadi publisher Adsense. Menjadi publisher Google Adsense memang mempunyai rasa gurih-gurih sedap bagi kalangan imers.

Dari sekian banyaknya platform layanan iklan, hanya Google Adsense yang mempunyai rating tertinggi dan paling banyak publisher maupun advertisernya. Selain itu Adsense berani membayar mahal untuk keyword-keyword tertentu, biasanya disebut sebagai HPK atau High Paying Keyword, yaitu keyword yang dibayar mahal, maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang memilih menjadi publisher Google Adsense.


Para pemain imers tahu bahwa Google berani membayar mahal, karena hal itu maka tidak sedikit yang memanfaatkannya dengan bermain curang demi mendapatkan pendapatan atau penghasilan lebih. Namun, Google tidak bodoh, Google akan segera mensuspend atau menutup akun permanen (banned), tergantung tingkat kesalahan yang dilakukan oleh publisher.

Banyaknya yang bermain curag membuat pihak Google kesal, dan terjadilah banned masal. Akun-akun yang dicurigai akan segera di banned, karena Google Adsense adalah sebuah media periklanan yang memprioritaskan pengiklan dan melindungi para pengiklannya. Google lebih baik kehilangan publisher daripada advertiser karena pihak Google sendiri tidak ingin mengecewakan para pengiklannya.

Hal yang membuat akun Adsense di banned tidak lain adalah karena melanggar TOS (Terms of Service) Google Adsense. Bagi para publisher pasti sudah tidak asing dengan tampilan dashboard yang menampilkan Penayangan, RPM, dan CTR. Jika di antara Penayangan, RPM, dan CTR ada yang tidak stabil, maka Google akan mencurigai bahwa Anda bermain curang. Namun, sebelumnya robot Google akan mengaudit jejak digital akun Anda terlebih dahulu, apakah benar-benar bermain curang atau bermain bersih.

7 Tips Agar Akun Adsense Aman Tidak di Banned


Jika Anda mengikuti TOS maka Anda akan aman dari badai banned masal yang sudah beberapa kali terjadi akhir-akhir ini. Selain tidak melanggar TOS ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui, untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca beberapa tips agar akun tidak di banned Google Adsense.

1. Patuhi TOS Adsense

Google sudah menjelaskan larangan apa saja di dalam TOS (Terms of Service) yang diterbitkan oleh Google, dan TOS tersebut biasanya muncul pada saat diterima menjadi publisher Adsense. Saking banyaknya bacaan TOS membuat banyak orang yang mengabaikannya, padahal TOS ini sangat penting sekali.

Untuk Anda yang ingin membaca kembali TOS Google Adsense bisa klik link di bawah ini.

2. Pastikan Konten, Widget, dan Komentar Blog Tidak Melanggar TOS

Kedua, Anda harus selalu melakukan pengecekan terhadap komentar di blog Anda, karena ada saja orang yang iseng dengan menerbitkan komentar yang berbau melanggar TOS, biasanya yang seperti ini hanya ingin menanam backlink atau promosi melalui komentar di blog kita.

Jangan lupa perhatikan kembali konten dan widget di blog Anda apakah ada yang melanggar TOS, seperti mengandung unsur kekerasan, obat-obatan yang dilarang, konten yang memuat tentang peretasan, p*rn*grafi, perj*di*n, dan lain-lain.

3. Jangan Lakukan Klik Iklan Sendiri

Bagi para publisher baru pasti ada beberapa yang mempunyai pikiran ingin melakukan klik iklan sendiri, jangan, jangan sesekali mencobanya. Google itu pintar, Google tahu siapapun yang melakukan klik iklan. Meskipun dilarang, tapi masih ada beberapa orang yang melakukan kecurangan seperti ini dengan metode yang berbeda, namun intinya tetap sama yaitu klik iklan sendiri.

Saran saya jangan pernah mengikuti klik iklan sendiri, karena cepat atau lambat pasti akan ketahuan oleh Google. Biasanya saat pembaruan algoritma Google, ada banyak akun yang tumbang, maka dari itu lebih baik main aman agar akun bertahan lama untuk menggali pundi-pundi rupiah dari Adsense.

4. Jangan Terbitkan Konten Berhak Cipta

Di dalam TOS Google Adsense sudah menjelaskan bahwa publisher dilarang meerbitkan konten yang berhak cipta, maka dari itu jika Anda tidak ingin di banned, jangan memasang iklan di blog Anda yang rawan sekali melanggar hak cipta seperti download software, game, lagu, film, dan lain-lain.

Biasanya yang sudah terlanjur mempunyai blog download, orang lebih memilih menggunakan safelink karena sampai saat ini masih aman digunakan. Untuk tutorial cara membuat safelink bisa di Google, sudah banyak yang membahasnya.

5. Bergabung di Forum

Jika Anda masih belum tahu banyak tentang Adsense, Anda bisa bergabung di forum-forum yang membahas tentang Adsense, salah satu forum yang cocok untuk imers adalah ads.id. Selain membahas adsense, di forum tersebut juga membahas hal-hal lain tentang dunia imers, seperti cara mendapatkan uang di internet malalui fb ads, bermain admob dengan andromo, cara berjualan di Instagram, dan masih banyak lagi.

6. Bermain Bersih

Selama Anda menjadi publisher Adsense, jangan pernah mempunyai pikiran untuk mencurangi Adsense agar mendapatkan banyak uang atau mencapai penghasilan maksimal. Di balik iklan yang tayang di blog kita, terdapat sang pengiklan yang sudah membayar Google untuk menampilkan iklan.

Pengiklan sama manusia seperti kita yang membutuhkan makan atau kebutuhan untuk sehari-hari, dia mencari rezeki dengan beriklan atau mengiklankan produknya melalui Google Adword yang sekarang ini berganti nama menjadi Google Ads. Sama-sama mencari rezeki jangan saling mencurangi. Bayangkan saja jika tidak ada pengiklan, maka kita tidak bisa menjadi publisher Adsense.

7. Jangan Pernah Mencari Musuh

Selain dari 6 faktor di atas, ada satu lagi hal yang sangat penting dan jangan pernah melupakannya, yaitu jangan pernah mencari musuh. Sebagai imers sejati jangan mencari musuh, sekali Anda mempunyai musuh, maka hidup Anda sebagai seorang imer akan tidak tenang.

Biasanya musuh Anda akan menyerang Anda agar penghasilan Anda berkurang, ini sangat bahaya. Biasanya orang tersebut iri dan menjadi sedikit nakal dengan iklan Adsense yang terpasang di blog kita, maka dari itu jangan pernah mempunyai musuh, jika Ada salah segeralah meminta maaf. Orang yang iri juga tidak baik, jangan pernah menjadi orang yang iri jika masih ingin penghasilan selalu memuaskan. Sebenarnya iri yang menyebabkan kita tidak maju dan menyebabkan rezeki seret.

Itulah tadi 7 tips agar akun Adsense Anda aman tidak terkena banned oleh Google. Anda boleh mempunyai banyak blog, akan tetapi jangan pernah sekalipun melanggar kebijakan Google Adsense dan jangan pernah melupakan 7 tips di atas. Jika Anda sudah mempunyai penghasilan dari bermain Adsense, jangan melupakan 2,5%-nya sebagai kewajiban seorang muslim yang beriman.

Jika Anda masih muda dan belum menikah, maka bahagiakanlah orang tua dulu dengan cara Anda sendiri, bisa membelikan orang tua yang disukainya, memberikan sebagian uang hasil Adsense, atau hal-hal lainnya agar penghasilan kita selalu berkah, Aamiin.

Rekomendasi