Kata Mutiara Hari ini

12 Arti Pesan Error Pada Printer dan Cara Mengatasinya

Tags

Cara Mengatasi Printer Error - Halo, kembali lagi di Biztellers.com, artikel kali ini saya akan membahas tentang 12 arti pesan error pada printer beserta cara mengatasinya. Printer adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memudahkan orang dalam mencetak hasil lembar kerja yang sudah dikerjakan pada komputer.

Zaman semakin lama semakin maju, perkembangan era digital sangat cepat hingga banyak bermunculan mesin atau perangkat baru yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum adanya printer dulu masih menggunakan mesin ketik manual yang lebih berat daripada printer, dan masih memiliki banyak kekurangan seperti pekerjaan harus dilakukan secara manual, harus memasukkan kertas satu-persatu, jika terjadi kesalahan tidak dapat dihapus, dan lain-lain. (Baca juga: Resetter Printer Epson L220)

12 Arti Pesan Error Pada Printer dan Cara Mengatasinya

Namun, saat ini terdapat sebuah perangkat keras yang sangat berguna sekali untuk manusia khususnya dalam mencetak hasil lembar kerja, mesin tersebut biasa kita sebut sebagai printer. Sebuah printer mampu mencetak hingga ribuan kertas dalam sekali melakukan pengoperasian. Hal ini tentu saja sangat memudahakn pekerjaan manusia dan lebih efisien ketimbang mesin ketik manual yang harus memasukkan kertas satu-persatu.

Mempunyai printer terkadang menjadi perkara yang tidak mudah, selain dapat mengoperasikan printer, kita juga harus bisa mengatasi setiap error yang muncul. Ada banyak macam error pada printer yang perlu kita tahu agar kita dapat mengatasi error-error tersebut seperti kode error E02, E03, E04/E05, E07, E08, E13/E16, P02, error 1000, 1203, dan lain-lain.

12 Arti Pesan Error Pada Printer dan Cara Mengatasinya


Setiap kode error pada printer mempunyai arti masing-masing, dan Anda harus tahu cara mengatasi dari setiap error tersebut. Di sini saya membagikan beberapa arti pesan error printer beserta cara mengatasinya yang bisa Anda baca dan pahami, lalu bisa Anda praktekkan secara langsung.


1. Error E02 (Printer is Out of Paper)

Error yang pertama adalah E02 atau Printer is Out of Paper, error ini biasanya terjadi karena kertas pada printer telah habis, maka kita harus memasukkan sejumlah kertas ke dalam printer, akan tetapi jika masih mengalami error Anda bisa mencoba mengularkan semua kertas lalu masukan kembali kembali ke dalam printer. Bisa saja printer masih mendeteksi kertas yang belum masuk, dan terkadang meskipun sudah dimasukkan kertas tetap error mungkin bisa karena posisi kertas yang kurang tepat.

2. Error E03 (Paper Jam)

Pesan error berikutnya adalah E03, yaitu hampir mirip dengan E02, yang membedakan adalah pesan error ini terjadi karena kertas yang masuk mengalami stucked atau jammed, kertas tersangkut di dalam printer. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama dengan mengeluarkan semua kertas kosong yang berada di printer,(termasuk kertas tersangkut yang menyebabkan error), tarik dengan pelan-pelan karena jika terlalu keras maka dapat mengakibatkan masalah kerusakan komponen printer. Setelah itu masukkan kembali kertas ke dalam printer dan lakukan restart printer.
  • Jika masih terjadi error maka langkah berikutnya Anda harus melakukan pengecekan terhadap roller printer, apakah ada benda yang mengakibatkan terjadinya kertas macet.
  • Jika Anda sudah melakukan cara ke-1 dan sudah melakukan pengecekan seperti pada cara ke-2 dan masih terjadi error, kemungkinan hal yang terjadi adalah roller kertas atau sensor kertas mengalami kerusakan, sensor kertas ini biasanya berada di sebelah atas roller kertas.

3. Error E04/E05 (Ink Catridge cannot be recognized)

Pesan error yang ketiga adalah error dengan kode E04 atau E05, biasanya masalah ini terjadi pada cartridge, entah itu board cartridge yang kotor, basah, atau rusak. Cara mengatasi hal seperti Anda harus mencabut semua cartridge terlebih dahulu, kemudian membersihkan tembaga yang berwarna emas pada bagian belakang menggunakan tisu. Jika sudah maka Anda bisa memasangnya kembali pada printer.

4. Error E07 ( Ink Cartridge is not installed in the correct position)

Pesan kode error E07 ini permasalahannya hampir mirip seperti pada nomor tiga di atas, yaitu masalah yang terjadi pada cartridge. Pesan error E07 terjadi karena salah atau kurang tepat dalam pemasangan cartridge, Anda bisa mengatasinya dengan cara mencabut ulang cartridge lalu memasangnya kembali. Ingat, Anda harus memasang cartride dengan posisi yang benar.

Jika cartridge sudah dipasang dengan baik dan dalam posisi yang benar tetapi masih terjadi error, maka Anda harus me-reset printer dengan software reseter printer. Anda bisa mencari software ini di google dengan keyword "download resetter printer canon MP285" sesuaikan dengan printer Anda.

5. Error E08 (Ink absorber is almost full)

Sebuah printer mempunyai komponen yang berbentuk busa, fungsinya untuk melakukan penyerapan pada tinta yang menetes atau tumpah. Jika komponen penuh dan tidak dapat menyerap tinta, maka printer tidak dapat berfungsi secara normal. Cara mengatasinya yaitu dengan cara membongkar printer dan lepas komponen ink absorber ini, lalu bersihkan hingga bersih dan pasang kembali pada tempatnya.7.

6. Error E13 atau E16 (Ink has run out)

Kode error E13/E16 ini muncul disebabkan karena tinta printer yang sudah habis atau hampir habis. Namun, jika Anda merasa baru saja mengisi tinta printer dan tinta masih banyak, maka Anda perlu menekan tombol STOP/RESUME hingga indikator pada siplay kecil printer menunjukkan angka 1.

7. Error P02 (Cartridge Error)

Pesan error P02 ini munucl ketika terjadi masalah pada cartridge. Bisa disebabkan karena terdapat benda yang masuk roller, ataupun encoder yang kotor. Encoder ini adalah sebuah plastik mika yang berada di dalam printer. Encoder ini rentan akan percikan tinta saat melakukan percetakan atau saat pengisian tinta, maka dati itu segera cabut jika encoder sudah mulai kotor, lalu bersihkan dan pasang kembali.

8. Error 1000

Jika Anda menemukan pesan error 1000, itu tandanya kertas pada tray sudah habis, cara mengatasinya cukup mudah, yaitu masukan kertas pada tray, lalu tekan tombol reset dan tunggu hingga printer menyala.

9. Error 1203

Selanjutnya pesan error 1203, kode error ini muncul apabila penutup printer masih dalam keadaan terbuka saat printer masih melakukan proses printing. Beberapa printer seperti Canon memang tidak mengizinkan penutup priner terbuka saat proses printing berjalan karena hal ini dapat menyebabkan cartridge tergeser ke posisi recovery.

Posisi cartridge yang dalam keadaan recovery ini digunakan pada saat ingin mencabut catridge atau ingin mengisi tinta. Jika Anda menemukan masalah seperti ini, solusinya yaitu hanya dengan menutup penutup printer, kemudian tekan tombol reset.

10. Error 1300

Error seperti ini hampir sama seperti paper jam, yaitu disebabkan karena terdapat kertas tersangkut di roller, atau bisa juga disebabkan oleh benda asing yang masuk dan mengakibatkan menjadi kertas tersangkut. Cara mengatasinya yaitu dengan cara mematikan printer, lalu cabut kertas dengan pelan dan hati-hati karena jika terlalu keras dapat menyebabkan terjadinya komponen printer menjad rusak.

11. Error 1687, 1401, 1403, atau 1485

Pesan error ini terjadi karena masalah pada cartridge, biasanya posisi cartridge salah atau tidak terpasang dengan posisi yang benar. Untuk mengatasi masalah dengan kode error seperti, Anda harus melepas cartridge terlebih dahulu, kemudian pasang kembali *pasang dengan benar.

12. Error 1684

Anda bisa menangai pesan error seperti ini dengan menekan tombol reset pada printer dan menahannya kurang lebih selama 5 detik, tunggu beberapa saat dan biasanya printer secara otomatis akan memproses. Namun, jika masih terdapat pesan error yang muncul, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti cartridge baru, karena kemungkinan cartridge yang lama telah rusak.

Itulah tadi 12 arti pesan error pada printer dan cara mengatasinya. Cara-cara di atas bisa Anda coba untuk printer Canon dalam berbagai seri yang berbeda. Sebenarnya bisa Anda terapkan pada berbagai macam printer dengan merk yang berbeda jika Anda bisa memahami setiap pesan error di atas, karena semua printer hampir sama.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jangan lupa ikuti terus artikel Biztellers agar selalu tahu artikel terbaru yang tentunya sangat menarik untuk dibaca. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi