Kata Mutiara Hari ini

Cara Mengatasi Error File Too Large Saat Copy File

Kembali lagi bersama Biztellers.com, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengatasi file is too large for the destination file system saat hendak menyalin file ke perangkat flashdisk. Anda pernah mengalami error seperti itu? Atau mungki saat ini Anda sedang mengalaminya dan mencari tutorial cara memperbaikinya? Anda berada di artikel yang tepat.

Tadi malam saya mendapat pesan chat dari teman saya yang kebingungan kenapa tidak bisa mengcopy file ke flashdisk, dia bingung apakah flashdisknya rusak atau filenya yang rusak, untuk copy file lain yang berukuran kecil bisa, tapi untuk file yang besar kok tidak bisa. Teman-teman sebelum melakukan copy file ke perangkat flashdisk harus tahu telebih dahulu file system apa yang digunakan pada flashdisk tersebut.

Cara Mengatasi Error File Too Large Saat Copy File

Biasanya saat ini terdapat dua file system pada flashdisk, yang pertama ada file system Fat32 (File Alloction Table), dan yang kedua adalah NTFS (New Technology File System). Nah, yang tidak dapat melakukan penyalinan file dengan ukuran besar tersebut adalah flashdisk yang mempunyai file system Fat32. Mengapa demikian? Karena file system tipe Fat32 ini dikembangkan pada tahun 1976, untuk sistem operasi Windows 95 dan dikhususkan untuk media penyimpanan yang berukuran tidak terlalu besar.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Hilang pada Flashdisk Karena Virus 

Berbeda dengan NTFS, file dengan tipe ini memang dirancang untuk memperbarui file system terdahulunya. Mempunyai kemampuan yang lebih baik, yakni dapat melakukan kompresi file, support dengan enkripsi, dan mempunyai cluster yang lebih besar. Namun, meskipun mempunyai file system NTFS, tetapi tidak semua perangkat support NTFS, seperti beberapa kasus Hp yang belum mendukung file system NTFS, terkadang flashdisk dengan tipe NTFS saat dimasukkan ke Hp melalui OTG, perangkat flashdisk tersebut tidak terbaca.

Cara Mengatasi Error File Too Large Saat Copy File

Sampai sini Anda sudah paham kan, mengapa terjadi malasah atau error file is too large for the destination file system saat menyalin file dengan ukuran besar pada flashdisk, karena flashdisk tersebut masih menggunakan file system tipe Fat32, lalu bagaimana cara mengatasi error tersebut? cara mengatasinya yaitu dengan mengganti file system menjadi NTFS, lalu bagaimana caranya? Untuk langkah-langkahnya Anda bisa scroll ke bawah untuk melihatnya.

Cara Mengatasi File is Too Large for the Destination File System


Di sini saya akan membagikan 3 cara untuk memperbaiki error seperti di atas, yang pertama dengan melakukan format pada flashdisk, kedua dengan melakukan pengubahan file system melalui command-line CMD, dan ketiga dengan cara memecah file menjadi beberapa part menggunakan aplikasi arsip (tanpa format). Ok, langsung saja, mari simak berikut ini.

#1 Mengatasi file is too large dengan format Flashdisk

  1. Langkah pertama masukkan flashdisk ke port USB pada PC Anda
  2. Setelah itu klik kanan kanan pada removable disk (flashdisk Anda), kemudian pilih Format.
  3. Selanjutnya pada bagian file system pilih atau ganti menjadi NTFS, lalu klik Start.
  4. Jika terdapat pesan peringatan, maka klik OK.
  5. Tunggu hingga proses formatting selesai.

#2 Mengubah File System Fat32 Menjadi NTFS melalui CMD (Tanpa format)

  1. Pertama seperti di atas tadi, masukkan flashdisk ke perangkat PC.
  2. Kedua, buka Command Prompt dengan akses administrator, ketik CMD di pencarian, lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  3. Kemudian cari letak flashdisk Anda berada di drive apa.
  4. Setelah mengetahui letak flashdisk, selanjutnya ketik convert f: /FS:NTFS kemudian tekan enter.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

#3 Membagi File Besar Menjadi Beberapa Part dengan WinRar

  1. Pertama install terlebih dahulu aplikasi WinRar, jika belum punya Anda bisa download Winrar.
  2. Kemudian siapkan file yang berukuran besar yang akan di split menjadi beberapa bagian, buat folder khusus agar tidak tercampur dengan file lainnya dan membuat bingung nantinya.
  3. Setelah itu klik kanan pada file besar tersebut lalu pilih Add to archive... Pada tab General, lihat ke bawah pada bagian split to volumes, size isi dengan ukuran file yang Anda inginkan, kemudian pilih satuan ukuran file.
  4. Lalu klik OK, dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika sudah selesai, Anda bisa melihat file yang sudah terbagi menjadi beberapa part dengan ukuran yang lebih kecil. (jangan ubah setiap nama pada file)
  6. Selanjutnya copy beberapa file part tersebut ke dalam flashdisk Anda, ingat copy filenya satu-satu agar tidak muncul error lagi.
  7. Sampai sini Anda sudah berhasil menyalin file besar yang sudah di split ke dalam flashdisk, lalu untuk extract atau menyatukan file kembali cukup mudah, yaitu dengan pilih salah satu part lalu klik kanan dan pilih Extract file atau Extract here sesuai keinginan Anda.

Peringatan, sekali lagi saya ingatkan jangan pernah mengganti nama file yang sudah di split menjadi beberapa part pada cara ketiga di atas, karena jika nama file diganti maka akan menyebabkan file yang diganti nama tersebut tidak akan terdeteksi saat melakukan ekstrak, dan dapat menyebabkan file error dan corrupt yang tidak dapat dijalankan seperti sedia kala.

Nah, dengan mengikuti beberapa langkah di atas, maka Anda dapat mengatasi error file too large saat melakukan copy file ke perangkat flashdisk. Mudah kan, mungkin itu dulu artikel kali ini, jangan lupa untuk beralangganan artikel di Biztellers, karena berlangganan itu gratis dan ketika Anda sudah berlangganan, maka Anda akan mendapatkan kiriman artikel terbaru Biztellers yang tentunya menarik untuk dibaca. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi