Kata Mutiara Hari ini

Tahun Baru! Cara Baru Daftar STR Perawat, Bidan, dan Ners 2019

Kali ini Biztellers ingin sedikit membahas tentang bagaimana cara atau alur pendaftaran STR bagi tenaga kesehatan. Bagi petugas kesehatan STR adalah sebuah nyawa. STR sendiri adalah kepenjangan dari Surat Tanda Registrasi.

Jika petugas kesehatan tidak memiliki atau masa berlaku STR ini sudah tidak berlaku maka akan sangat membingungkan ketika akan melamar pekerjaan. Selain itu, legalitas perawat itu pun akan dipertanyakan.

Lulusan tahun 2012 keatas menjadi tonggak awal dimulainya Uji Kompetensi (UKOM) bagi tenaga medis. Setelah mengikuti UKOM, tenaga kesehatan yang lulus akan mendapat Sertifikat Kompetensi (SERKOM).

SERKOM ini yang digunakan untuk mendapatkan STR. Padahal persyaratan untuk dapat bekerja dengan legalitas harus memiliki STR ini saat melamar pekerjaan. Itulah nilai penting dari STR bagi tenaga kesehatan.

Baca juga artikel terkait lainnya
Honorer Gaji PNS! Daftar PPPK (P3K) Tahun 2019
Jadwal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat dan Bidan 2019 Periode 1
Cara Buat NIRA (Surat Keterangan Patuh Etika Profesi) Daftar STR Perawat 2019
Surat Pernyataan Etika Profesi Bagi Perawat Syarat Daftar STR 2019
BPJS Hentikan Kerjasama dengan Rumah Sakit 2019!
Cara Baru Daftar STR Perawat, Bidan, dan Ners 2019

MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia) adalah yang mengeluarkan STR. MTKI memberikan pengumuman diakhir tahun yang berisi:
  1. MTKI menutup sementara permohonan STR, baik secara online melalui Aplikasi STR Online (tenaga kesehatan > DIII) maupun offline (tenaga kesehatan < DIII) mulai tanggal 28 Desember 2018.
  2. Rekening PNBP di Bank BRI No. BPn.182 0193.01001868.30.7 an. Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan untuk pembayaran penerbitan STR akan ditutup secara permanen mulai tanggal 21 Desember 2018. 
  3. Permohonan STR akan dibuka kembali oleh MTKI pada tanggal 2 Januari 2019 dengan mekanisme baru :
    A. Seluruh permohonan STR, baik untuk tenaga kesehatan > DIII maupun < DIII akan dilakukan melalui Aplikasi STR Online versi 2.0 dengan alamat ktki.kemkes.go.id
    B. Seluruh berkas persyaratan permohonan STR diunggah/upload melalui Aplikasi STR Online versi 2.0.
    C. Pembayaran untuk permohonan STR dilakukan setelah mendapatkan kode billing SIMPONI di Aplikasi STR Online versi 2.0.
    D. STR akan dikirimkan kepada pemohon melalui Kantor Pos Kecamatan yang telah dipilih oleh pengusul pada aplikasi STR Online versi 2.0.
    E. Pemohon dapat mengambil STR di Kantor Pos Kecamatan terpilih dengan membawa bukti Kartu Identitas Pribadi berupa KTP/SIM. Jika pemohon berhalangan maka dapat memberikan kuasa kepada orang lain dengan membawa surat kuasa yang ditandatangani oleh pemohon di atas materai 6.000 rupiah dan fotokopi KTP/SIM pemohon.

Jadi langkah awal yang dilakukan adalah harus daftar online. Klik link pada poin 3 bagian A lalu akan terbuka web seperti ini:
Pilihlah tab STR Online Ver. 2.0 lalu pilihlah registrasi atau jika ingin mengecek masa berlaku STR yang telah diterbitkan pilihlah Cek Status. Jika ingin membuat STR baru maka selanjutnya akan tampil halaman seperti ini:



Hati-hati jika memasukkan email dan NIK jika terjadi kesalahan. Pastikan email dan NIK sudah benar. Email sangat penting, karena informasi apapun akan masuk ke email anda.
Akan menyulitkan jika sampai ke alamat email orang lain yang tidak dikenal. Pastikan data yang dimasukkan sesuai. Setelah log in kalian akan upload berkas dan isi data sesuai data pribadi. Pastikan semua yang tercantum sudah benar.



Akan ada 3 step pertanyaan, isi dengan data yang benar. Jika sudah benar jangan lupa dicek kembali. Cek dari berkas yang sudah terupload hingga ke pengisian nomer pada SERKOM.



Ada 6 langkah yang harus diikuti, hingga saat ini masih menunggu dari OP MTKI sehingga bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Jika dilihat dari langkah selanjutnya maka setelah data divalidasi baru diminta membayar ke nomer rekenening yang telah ditentukan.

Berikut video yang mungkin dapat membantu


Semoga bisa membantu!
Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Masih sistem baru sehingga banyak penyesuaian yang harus dilakukan.
Happy Nice Day!!

Rekomendasi